Cara Flash Jiayu G3 Yang Bootloop

androidbootloop.com - Jika kita mengenal smartphone android tidak afdol rasanya jika kita tidak mengerti apa itu bootloop. hal ini sangat sering dirasakan oleh para pengguna android, terutama bagi kalian yang suka oprek android. begitu juga yang dialami oleh teman saya yang mempunyai hp android dengan model Jiayu G3. akibat sembarangan menginstal aplikasi sembarangan smartphone dia menjadi tidak bisa di-gunakn alias bootloop.



Untuk mengatasi hp android yang sudah bootloop tidak bisa dilakukan dengan factory reset saja. meskipun dalam beberapa kasus factory reset bisa menyembuhkan android yang sedang bootloop. namun pada Jiayu G3 yang bootloop tidak bisa disembuhkan dengan factory reset / reset data pabrik. satu - satunya cara untuk mengatasi jiayu G3 yang bootloop adalah dengan Flash ulang Firmware Jiyau G3 dengan menggunakan komputer / Laptop. untuk cara flash jiayu g3 yang bootloop bisa kalian simak dibawah ini.

Sebelum melakukan Proses Flashing kalian harus mendownload terlebih dahulu tool yang dibutuhkan berserta firmware jiayu g3 yang nantinya digunakan untuk di flash ke hp kalian melalui komputer / laptop. bahan bahan yang harus di siapkan adalah sebagai berikut.

  1. Kabel data USB
  2. Laptop / Komputer dengan menggunakan Windows 7,8,10
  3. Driver Jiayu (Download disini)
  4. Firmware Jiayu G3 (Download disni)
  5. Sp Flash tool (Download Disini)

Cara Flash Jiayu G3 Dengan SP Flashtool

Setelah semua bahan telah di-download, jadikan semua bahan ke dalam 1 folder yang mudah ditemukan kemudian ekstrak semua bahan yang sudah kalian download tadi dengan winrar agar bisa digunakan. untuk step by step cara flash jiayu g3 bootloop bisa kalian simak dibawah ini.

1. Buka Sp Flashtool

SP Flashtool v3
Setelah kamu mendownload SP Flashtool,  untuk menggunakanya kamu harus mengekstrak terlebih dahulu, dan setelah di ekstrak akan muncul folder SP flashtool kemudian buka folder dan arahkan mouse kalian ke aplikasi Flash_tool.exe tekan 2 kali maka aplikasi flashtool akan terbuka seperti gambar diatas.

2.Masukan File Scatter Jiayu G3

Setelah Flashtool sudah terbuka langkah selanjutnya adalah dengan memasukan file scatter jiayi G3 kedalam aplikasi Sp flashtool, untuk caranya bisa lanngsung saja melihat gambar dibawah ini.
Insert Scatter File
Setelah menekan tombol Scatter loading arahkan ke folder firmware jiayu G3 yang sudah kamu ekstrak tadi dan disana akan ditemukan file scatter jiayu G3 seperti pada gambar dibawah ini ke kemudian klik Open.
Select Scatter file from Jiyau g3 Firmware Folder

3. Proses Flash Jiayu G3

Setelah file scatter jiayu g3 dimasukan kedalam aplikasi Sp Flashtool pastinya kamu sudah melihat data- data yang akan di flash kedalam hp jiayu g3 kamu. tahap selanjutnya adalah hilangkan centang pada PRELOADER dan centang pada DA DL all With Check Sum. setelah itu baru tekan Download atau bisa melihat  gambar dibawah ini.

Jiayu G3 Flashing Process

Setelah semua persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah dengan menancapkan hp jiayu G3 dalam kondisi mati kamu dengan menggunakan kabel data USB ke PC/Laptop kamu. setelah ditancapkan maka proses flashing tidak akan berjalan. hal ini dikarenakan driver yang belom terinstal. untuk menginstal driver jiayu G3 masuk ke device manager pada komputer kalian disana akan terlihat Port USB dengan tanda seru menunjukan driver yang belom terinstal. klik kanan pada port USB dengan tanda seru kemudian pilih Update driver software kemudian Browse my computer for driver software langsung klik browse dan arahkan ke folder driver yang sudah kamu download sebelumnya dan tekan ok maka driver akan terinstal secara otomatis. lakukan hal ini berulang sampai port USB dengan tanda seru  sudah tidak ada lagi.

setelah driver sudah terinstal dengan benar maka proses flash akan berjalan ditandai dengan berjalanya progres bar dibawah SP Flashtool. harap bersabar selama proses flashing karena akan memakan waktu kurang lebih 10-15 menit. proses flashing selesai ditandai dengan munculnya lingkaran hijau dengan tulisan Download OK

 

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Flash Jiayu G3

Tanya : Kenapa Proses Flash tidak Bisa Berjalan ?
Jawab :  Mungkin karena kabel data yang tidak cocok atau belum terinstalnya driver

Tanya : Bagaimana Cara instal Driver mediatek pada windows 64 bit ?
Jawab : Disable Driver Signature Enforcement terlebih dahulu untuk cara Disable Driver Signature Enforcement bisa cari digoogle

Tanya : Proses flash sudah berjalan namun berhenti atau gagal di setengah proses apa yang harus dilakuan ?
Jawab : Disana akan muncul kode eror kalian bisa mencari tahu dengan mengetikan kode erornya ke google dan carilah jawabanya disana


Baca Juga
Cara flash jiayu g3 bisa dibilang sangatlah mudah dan hal ini bisa dilakukan oleh semua orang termasuk kamu yang masih awam di dunia android. mungkin banyak orang menemui kendala dalam menginstal driver sehingga proses flashing jiayu g3 tidak dapat berjalan. dan saya sudah menjelaskan di Q&A di atas. baiklah saya rasa cukup sampai disini penjelasan saya tentang cara flash jiayu g3 yang bootloop semoga dengan sedikit tutorial yang saya tulis ini dapat memberikan pencerahan pada kalian semua. apabila masih ada yang ingin ditanyakan seputar flash jiayu g3 bisa langsung ditanyakan di kolom komentar dibwah artikel ini.

1 Response to Cara Flash Jiayu G3 Yang Bootloop

  1. Gan, ane minta tolong android ane bootloop model mito a230, please kalau punya custom rom mito a230 ane request link downloadnya.

    Help me: raptorcamp43 @gmail.com

    ReplyDelete