Cara Disable Driver Signature Enforcement Untuk Menginstal Driver Android

androidbootloop.com - Windows versi 64 bit mempunyai fitur untuk mencekal penginstalan driver pada komputer, fitur itu dinamai "driver signature enforcement" fitur ini hanya menizinkan pengguna menginstal driver yang mempunyai signature /tanda tangan digital oleh microsoft. oleh karena itu sering kita jumpai beberapa kasus gagalnya penginstalan driver android seperti driver Flash tool, Spreadtrum Driver dan Mediatek Driver, hal ini dikarenakan driver pihak ke 3 tidak mempunyai driver signature / tanda tangan digital dari microsoft. oleh sebab itu fitur driver signature enforcement mencekal penginstalan driver.



Lantas bagaimana cara menginstal driver pihak ke 3 pada windows 64 bit? mengenai hal itu microsoft juga memberikan solusi yaitu dengan memberikan juga opsi untuk me-disable driver signature enforcement. agar driver pihak ke 3 tanpa tanda tangan digital bisa terinstal di windows 64 bit. setiap versi windows mempunyai cara yang berbeda juga untuk mendisable driver signature enforcement, melalui artikel ini saya akan memberikan sedikit tutorial cara disable driver signature pada windows 64 bit baik  itu di windows 10, windows 8  dan windows 7.

Baca juga : Download Spreadtrum Upgrade dan Research Download Tool untuk Flash android spreadtrum

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara disable driver signature enforcement pada windows 64 bit. kita pahami dulu seperti apa driver yang mempunyai signature / tanda tangan digital dan driver tanpa signature. untuk mengetahuinya kalian bisa lihat contoh gambar dibawah ini.


Driver Android Dengan Signature / tanda tangan digital



Driver dengan tanda tangan digital
Diatas adalah contoh driver untuk android (MTK Driver) dengan signature / tanda tangan digital. hal ini ditandai dengan adanya file dengan extensi  ".cat " sehingga driver ini bisa di instal langsung tanpa melakukan disable driver signature enforcement pada windows kamu. 


Driver Android Tanpa Signature / tanda tangan digital

Driver tanpa tanda tangan digital

Berbeda dengan gambar driver sebelumnya, pada gambar kedua ini driver yang tidak mempunyai tanda tangan digital tidak ada file dengan ekstensi ".cat" didalamnya. oleh karena itu dibutuhkan disable driver signature enforcement terlebih dahulu untuk menginstal driver jenis ini.

Sekarang kita jadi tahu kan mana driver yang mempunyai tanda tangan digital dan tidak. hal ini perlu dipahami agar kita tau kapan harus mendisable driver signature enforcement pada windwos atau tidak. untuk tutorial disable driver signature enforcemnet bisa kalian simak dibawah ini.

Cara Disable Driver Signature Enforcement Windows 10 64 Bit

Cara disable driver signature pada windows 10 sebenarnya sangatlah mudah, namun untuk menghindari kesalahan saya anjurkan kamu membaca tulisan ini dengan pelan-pelan dan santai agar tidak ada tutorial yang terlewatkan. ikuti step by stepnya dibawah ini

Pertama kalian langsung buka Command Prompt (admin) pada windows kalian dengan menekan tombo windrows + X atau geser mouse kalian ke pojok kiri bawah tepat di logo windows dan klik kanan kemudian pilih command prompt (admin) lihat gambar dibawah ini.



setelah kamu masuk ke command prompt langsug saja tulis atau copy perintah dibawah ini kemudian tekan enter
bcdedit.exe -set loadoptions DDISABLE_INTEGRITY_CHECKS
Setelah muncul tulisan the The operation complete sucessfully itu menandakan printah yang kalian masukan sudah berjalan dengan benar

Jika sudah memasukan perintah diatas lanjutkan dengan memasukan perintah berikutnya tulis atau copy perintah dibawah ini kemdian tekan enter
bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON
Apabila muncul lagi tulisan The operation complete sucessfully maka proses Disable driver signature di windows 10 64 bit telah BERHASIL. kamu tutup command prompt dan Restart Komputer kamu 

Cara Disable Driver Signature Enforcement Windows 8 & 8.1 64 Bit

Untuk cara disable driver signature enforcement pada windows 8 dan windows 8.1 juga cukup mudah namun caranya sedikit berbeda dengan cara di windows 10. tidak sabar ingin tau caranya yuk simak tutorial dibawah ini.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menekan dan tahan tombol shift kemudian tekan restart pada komputer kamu. dan kamu akan melihat menu seperti digambar berikut ini ikuti step by stepnya.

Pada menu pertama kamu tekan saja Troubleshoot, kemudian akan ada menu selanjutnya kamu pilih Advanced options, pada tampilan berikutnya pilih startup settings, kemudian tekan restart. setelah restart akan ada menu lagi seperti gambar 5 kamu tekan saja angka 7 pada keyboard kamu maka komputer akan menyala dan driver signature enforcement akan terdisable sampai kamu merestart komputer kamu lagi.
1

2

3

4

5


Cara Disable Driver Signature Enforcement Windows 7 64 Bit

Untuk cara disable driver signature pada windows 7 caranya sangat mudah kamu cukup restart komputer kamu dan sebelum menyala tekan tombol F8 pada keyboard sampai muncul menu advance optios pilih disable driver signature enforcement kemudian tekan enter seperti gambar dibawah ini.


Dengan begitu komputer kamu akan menyala dengan mode disable driver signature enforcement  disini kamu bisa menginstal driver yang tidak mempunyai tanda tangan digital dengan sesuka hati. sehingga tidak ada lagi kendala pemasangan driver untuk flashing android.

Baca juga : Download SP flashtool untuk flash android mediatek

Saya rasa cukup sampai disitu saja penjelasan saya tentang cara disable driver signature enforcement pada windows 10, windows 8 dan windows 7. semoga dengan sedikit penjelasan saya diatas bisa membantu teman - teman yang selama ini mengalami kesulitan dalam menginstal driver untuk Spflashtool atau mtk driver. untuk cara pemasangan driver saya akan memberikan tutorial di postingan berikutnya oelh karena itu tetap simak artikel saya berikutnaya ya. apabila ada hal yang perlu di tanyakan kamu cukup menulisnya di kolom komentar dibawah artikel ini.


0 Response to Cara Disable Driver Signature Enforcement Untuk Menginstal Driver Android

Post a Comment